
Pada tanggal 23-24 Oktober 2024, SMA Muhammadiyah Pangandaran telah melaksanakan kegiatan akreditasi yang merupakan proses penting untuk penilaian mutu pendidikan di sekolah kami. Proses akreditasi ini melibatkan evaluasi terhadap empat instrumen utama yaitu kinerja tenaga pendidik, kinerja kepala sekolah, dan kondisi lingkungan sekolah.
Secara umum, pelaksanaan akreditasi berjalan dengan lancar. Tim asesor melakukan penilaian dengan cermat dan memberikan masukan konstruktif untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah kami. Dalam penilaian terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian, terutama terkait dengan literasi dan numerasi peserta didik. Asesor menekankan pentingnya peningkatan kemampuan siswa dalam kedua aspek tersebut agar dapat memenuhi standar pendidikan yang lebih tinggi.
Namun, meskipun kegiatan akreditasi berlangsung baik, terdapat beberapa kelemahan yang diidentifikasi. Salah satunya adalah kurangnya desiminasi informasi terkait kegiatan sekolah yang dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman warga sekolah. Selain itu, tim asesor juga mencatat bahwa terdapat kurangnya kekompakan di antara warga sekolah, yang berpotensi menghambat tercapainya tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Kegiatan akreditasi ini menjadi momentum bagi SMA Muhammadiyah Pangandaran untuk melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan. Saran dari asesor akan menjadi perhatian utama bagi pihak manajemen sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa serta membina kekompakan dan kerjasama di antara seluruh warga sekolah. Dengan demikian, diharapkan SMA Muhammadiyah Pangandaran akan semakin memantapkan posisinya sebagai institusi pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan.